Sekelompok Hacker Berhasil Jailbreak iOS 9.1 dan Mendapatkan Rp 13 Miliar

Zerodium, perusahaan keamanan cyber akhirnya menemukan sekelompok hacker yang berhasil melakukan jailbreak sistem operasi iOS 9.1. Tidak hanya itu, Zerodium juga memberikan hadiah uang tunai sebesar US $ 1 juta atau sekitar Rp 13milliar kepada sekelompok hacker yang menolak untuk diidentifikasi.

jailbreak ios 9

Pengumuman itu dilaporkan langsung oleh Chaouki Bekrar, Co-Founder Zerodium melalui akun Twitter Zerodium, seperti dikutip laman Daily Mail, Kamis (2015/11/05). Sebelumnya pada September, Zerodium mengadakan kontes dengan hadiah US $ 1 juta untuk kelompok yang bisa dengan sukses  melakukan iOS jailbreak pada bulan September.

"Tantangan ini adalah salah satu bentuk terbaik dari pemasaran produk Apple, seperti yang telah ditunjukkan sekali lagi bahwa keamanan System IOS adalah nyata dan bukan hanya tentang pemasaran," kata Bekrar.

Hal ini karena menurut Bekrar sistem operasi ini layak mendapatkan nilai tinggi melalui kontes, selain iOS. Oleh karena itu, upaya untuk jailbreak iOS Bekrar tentu sangat sulit.

Dalam sebuah pernyataan, Bekrar mengungkapkan bahwa kelompok yang menang kontes ini berhasil menemukan sejumlah kerentanan di iOS dan Chrome. Jadi ia berhasil memotong semua mitigasi dan jailbreak dari jarak jauh menggunakan browser Chrome. Namun, Bekrar menolak untuk memberikan kerentanan yang ditemukan di iOS 9.1.

iOS 9.1 itu sendiri adalah renovasi yang dilakukan Apple untuk menutup celah di iOS 9.0 jailbreak. Hal ini dilakukan setelah tim Pangu Apple berhasil menemukan celah di iOS  9. Oleh karena itu, Apple akan segera menghadirkan dua update untuk menambal lubang keamanan di iOS secepatnya.

0 Response to "Sekelompok Hacker Berhasil Jailbreak iOS 9.1 dan Mendapatkan Rp 13 Miliar"

Post a Comment