Tips Merawat Jeans Biar Awet




            Salah satu jenis kain yang paling banyak diminati adalah jeans. Selain lebih praktis kain ini juga membuat penampilan lebih fashionable. Jeans membutuhkan perlakuan yang berbeda dari jenis kain yang lainnya agar tetap awet. Berikut ini adalah tips untuk merawatnya:

1. Perhatikan Instruksi pada Label Jeans
Cara paling awal dan aman adalah membaca instruksi perawatan yang biasanya tertera pada label di bagian dalam jeans. Dalam label tersebut biasanya dituliskan cara pencucian, suhu untuk mencuci dan petunjuk penyetrikaan.

2. Periksa Jeans Sebelum Dicuci
Sebelum mencuci periksa lebih dulu saku-saku pada jeans untuk memastikan tidak ada benda apapun yang tertinggal di dalam kantong jeans anda  seperti uang kertas, koin, tisu, pulpen dll. Hal ini dapat mencegah jeans terkena serpihan kertas atau bahkan tersobek benda tajam.
3. Balik Jeans Saat Dicuci
Tips yang selanjutnya yaitu membalik jeans saat mencucinya. Membalik jeans saat mencuci akan menjaga warna jeans agar tidak cepat pudar.

4. Merendam dengan Air Cuka
Agar warna jeans tetap awet, anda dapat mencoba tips yang satu ini, yaitu merendam jeans dengan air yang sudah dicampur dengan air cuka kurang lebih selama 15 menit.

5. Mencuci Jeans
Mencuci jeans dapat dilakukan dengan mengunnakan mesin cuci atau dengan tangan. Namun, jika anda mencuci dengan mesin cuci ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Sebaiknya kancingkan dan resleting jeans anda dulu agar bentuknya gak berubah. Ada baiknya juga jika jeans dicuci menggunakan air hangat agar noda yang ada pada jeans  hilang.

6. Hindari Mesin Pengering
Hindari mengeringkan jeans dengan mengunakan mesin pengering, karena akan membuat jeans anda mudah menyusut dan kehilangan bentuknya.
7. Hindari Dry Clean
Proses pencucian dengan dry clean lebih keras daripada penggunaan deterjen dan akan membuat warna dan serat pada jeans cepat rusak


8. Menjemur Jeans
Jangan menjemur jeans di bawah terik matahari langsung karena hal ini dapat memudarkan warna jeans. Saat penjemuran sebaiknya jeans dibalik (bagian dalam di luar) digantung di tempat yang tidak langsung terkena matahari.

9. Menyetrika Jeans
Saat ingin menyetrika jeans anda, pastikan jeans anda dalam keadaan dibalik dan dalam keadaan kering. Jika jeans disetrika dalam keadaan masih basah atau lembab, hal ini dapat menimbulkan jamur berwarna biru yang bisa membuat jeans mudah rusak.

10. Jeans Jangan Terlalu Sering Dicuci
Gak perlu mencuci jeans terlalu sering, karena jika terlalu sering akan membuat jeans anda berubah bentuk dan warnanya memudar.



0 Response to "Tips Merawat Jeans Biar Awet"

Post a Comment