Sisi Unik Nama-Nama Orang Rima, Tidak Ada Yang Sama

Setelah beberapa hari warga dihebohkan dengan nama-nama unik condong nyeleneh. Sebut saja Tuhan yg jadi nama satu orang lelaki asal Banyuwangi. Tetapi, tahukah anda, nama-nama unik sebenarnya telah dipakai Orang Rimba terhadap anak-anak mereka. Bedanya, nama-nama mereka diambil dari kearifan lokal.

Sebut saja Betulus, diambil dari kata tulus. Betulus merupakan satu orang penyiar Radio Benor FM. Uniknya, nyaris seluruh nama anak Orang Rimba dimulai dgn kata 'be' yg diambil dari awalan 'ber'. Ada yang Beburu, Beteduh, Betulus, & lain sebagainya.

"Nama-nama di kampung kami benar-benar diambil dari tradisi warga," papar Betulus ketika diwawancarai

Sisi Unik Nama-Nama Orang Rima, Tidak Ada Yang Sama
Diwaktu ini, Orang Rimba yg punya kebiasan berpindah-pindah (nomaden) tidak sedikit bermukim di kawasan Taman Nasional Bukit Duabelas, Jambi di sepanjang jalan lintas Sumatera mulai sejak perbatasan Jambi—Sumatera Selatan sampai batas Jambi—Sumatera Barat. Mereka malah ada  yg tinggal di selatan Taman Nasional Bukit Tigapuluh. Sekarang Ini, jumlah Orang Rimba mencapai 3.800 jiwa. Paling tidak yang bermukim di Taman Nasional Bukit Duabelas mencapai 1.700 jiwa.

Menariknya, dari beberapa nama unik Orang Rimba, tidak ada yg mirip. Hal ini sangat berbeda bila dibandingkan di Indonesia, contohnya nama Agus, kemungkinan dapat dipunyai ribuan orang.Namun, pada Orang Rimba, tiap-tiap anak miliki nama sendiri-sendiri. Artinya, sedikitnya Orang Rimba miliki 3.800 kosa kata dari bahasa lokal & bahasa Indonesia yg dijadikan nama anak-anak mereka. Luar biasa kan?

0 Response to "Sisi Unik Nama-Nama Orang Rima, Tidak Ada Yang Sama"

Post a Comment