Hal-Hal Yang Menghalangi Rejeki

Sebagai hamba Allah SWT, kita telah diciptakan secara sempurna dengan segala kelengkapannya, termasuk bagian rezeki.

Hal-Hal Yang Menghalangi Rejeki


Tak satupun dari makhluk-NYA yang Dia terlantarkan. Cicak yang tidak bisa terbang saja diberikan rezeki yang berupa makanan yang hidupnya terbang, yaitu nyamuk.

Apakah cicak kesulitan mendapatkan nyamuk yang suka terbang kesana kemari? Tentu tidak bukan? Allah telah menciptakan kelengkapan bagi cicak menangkap nyamuk, meski cicak tak bisa terbang. Apalagi kita manusia, makhluk yang paling sempurna diciptakan oleh-NYA.

Pada prinsipnya, rezeki kita telah Allah jamin sepenuhnya. Tapi, jaminan ini juga membutuhkan partisipasi aktif dan usaha agar rezeki tersebut bisa sampai ke tangan kita. Dengan begitu, kita harus aktif berusaha dan tentu berdoa dalam menjemput rezeki. Allah Maha Luas dalam Pemberian Rezeki-NYA. Jadi, jangan takut tidak kebagian.

Tapi adakalanya sebuah rezeki terasa sulit, seret, meski kita telah bersusah payah menjemputnya. Hal itu bisa disebabkan oleh beberapa Hal yang menjadi terhalangnya rezeki, apa sajakah itu? 

Hal-Hal yg bakal jadi penghalang rezeki :

Proses pencarian rezeki yg tak bersih

Hendaknya dalam mencari rezeki, pastikan semuanya ditempuh dengan usaha yg bersih, halal. Proses pencarian rezeki yg halal, dapat membuahkan rezeki yg halal & barokah.

Hilangnya ketawakalan dalam diri
Tawakal artinya berserah diri terhadap Allah SWT. Dalam proses pencarian rezeki, kita hendaknya senantiasa yakin terhadap Allah SWT. Maka diwaktu kita memperoleh kejadian yg tak diinginkan dalam proses penjemputan rezeki, kita mengembalikan seluruhnya perkara itu Allah SWT buat mencari hikmahnya, senantiasa berbaik sangka pada Allah & mengupayakan menjemput rezeki yg baik.

Aksi dosa & maksiat
Layaknya sabda Rasulullah SAW : “Sesungguhnya seorang akan terjauh dari rezeki disebabkan oleh aksi dosanya.” (HR. Ahmad). Sehingga segeralah bertobat & menjauhi maksiat, supaya rezeki kita tidak tersendat.

Terlalu sibuk bersama duniawi
Mencari dunia memang tak dilarang. Malahan bagus jikalau kita mencari dunia, buat kebutuhan akherat, misal menampung anak-anak yatim. Tetapi jangan karena kesibukan duniawi kita, menjadikan kita  lalai terhadap Allah SWT.

Enggan bersedekah
Sedekah yaitu salah satu trik memperlancar rezeki. Sedekah sekecil apapun bakal dibalas, walaupun itu hanya sebesar biji sawi. Satu sedekah dapat dibalas Allah sejumlah 7 kali, bahkan hingga 700 kali. Firman Allah SWT di  QS. Al-Baqarah 261 : Perumpamaan (nafkah yg dikeluarkan oleh) beberapa orang yg menafkahkan hartanya dijalan Allah adalah mirip dgn sebutir benih yg menumbuhkan tujuh bulir, kepada setiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yg Ia kehendaki. & Allah Maha Luas (Karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. Sehingga dari itu, ayolah semangat bersedekah, dimulai dari tetangga kanan kiri kita yg sangat membutuhkan bantuan.

0 Response to "Hal-Hal Yang Menghalangi Rejeki"

Post a Comment