Apasih Silica Gel Itu?





Kebanyakan orang pasti pernah menjumpai silica gel. Namun, jumpa belum tentu kenal bukan? Mungkin hanya segelintir orang yang memahami benda yang biasanya berbungkus putih seperti kantung teh ini. Ini penjelasan biar kamu lebih kenal dan memahami silica gel.

Pengertian

Silica Gel adalah butiran seperti kaca yang berpori disintesis dari natrium silikat. Disebut dengan gel karena termasuk mineral alami yang diproses menjadi bentuk butiran. Walaupun bentuk fisiknya padat. 

Kegunaan 

Silica gel sering kali terdapat di kardus sepatu, tas, bahkan kue kering. Silica gel ini berguna untuk mencegah terbentuknya kelembapan yang berlebih. Selain itu, silica gel juga berguna untuk membantu mencegah kerusakan pada barang yang akan disimpan. Perlu diketahui bahwa silica gel aman digunakan untuk menjaga kelembapan makanan, obat-obatan, elektronik,dll.

Hal Yang Perlu Diperhatikan

Silica gel yang berwarna biru pertanda bahwa silica gel siap digunakan. Saat silica gel telah menyerap banyak kelembapan warnanya akan berubah menjadi merah muda. Warna merah muda ini menandakan bahwa dia tidak bisa lagi menyerap kelembapan. Untuk mengatasinya, kamu bisa menghangatkan silica gel dengan mesin oven. Panas yang dikeluarkan oven akan mengeluarkan kelembapan dan dia akan kembali berubah warna menjadi biru dan bisa digunakan lagi. 

Kegunaan Lain 

Selain untuk mencegah kelembapan berlebih, silica gel juga berguna untuk hal-hal yang mungkin tidak pernah kamu sangka, diantaranya:


      Mengawetkan Album Foto

Kerap kali foto kenangan menjadi sirna karena jamur yang tiba-tiba menyerang. Belum lagi kalau foto itu tersimpan di ruangan yang lembab sementara udara di dalam plastik juga lembab. Tenang, untuk mencegah hal itu terjadi kamu bisa memanfaatkan silica gel. Caranya sangat mudah, cukup selipkan silica gel ke dalam plastik foto.

Menghilangkan Bau Sepatu
 
Kesel sama sepatu yang berbau tak sedap? Silica gel adalah solusinya. Caranya cukup masukkan beberapa silica gel pada masing masing sepatu.

       Menghambat Bibit Tanaman Berkecambah 

Sebelum bibit tanaman dipasarkan, perlu dikeringkan agar lebih tahan lama. Tapi, sering kali kita menjumpai bibit-bibit tersebut berkecambah ketika sudah lama tersimpan di tempat yang lembab. Untuk menghindarinya cukup selipan beberapa bungkus silica gel pada bibit-bibit tanaman tersebut.

      Mencegah Handuk Ditumbuhi Jamur

Seringkali handuk yang berbau tak sedap atau bahkan berjamur akan membuat tak nyaman ketika menggunakannya. Untuk mencegahnya, kamu bisa menyelipkan beberapa bungkus silica gel pada tumpukan handuk.

1 Response to "Apasih Silica Gel Itu?"

  1. www,s1288poker,com: Bandar Taruhan Poker online yang menyediakan layanan mirip dengan salah satu permainan situs jejaring sosial yang telah banyak dimainkan dan diminati di Indonesia dan kami. Melakukan semua trasaksi menggunakan mata uang rupiah, Hanya dengan Minimal Deposit Rp.10.000 Saja dan Minimal Withdraw Rp.20.000, anda sudah dapat menikmati permainan poker dari kami. (PIN BBM : 7AC8D76B)

    ReplyDelete